Bocoran Penerimaan CPNS 2019, Total Kebutuhan Pegawai Lebih Dari 250 Ribu Formasi

Posted on

KOMPASKERJA.Com – Bocoran Penerimaan CPNS 2019, total kebutuhan Pegawai lebih dari 250 Ribu Formasi. Tentu saja kabar ini langsung memberi angin segar bagi teman-teman yang selama ini menunggu kepastian apakah di tahun 2019 akan dibuka kembali pendaftaran CPNS seperti pada tahun sebelumnya.

Berdasarkan informasi yang kami pantau pada situs sosial media resmi Badan Kepegawai Negara ternyata sudah dirilis informasi penting berisi rincian Kebutuhan Pegawai ASN Secara Nasional Tahun Anggaran 2019. Jumlah kebutuhan formasi pada penerimaan CPNS tahun ini rupanya cukup banyak, dna jumlahnya tidak tanggung-tanggung yaitu total lebih dari 250 ribu atau lebih tepatnya sebanyak 254.173 formasi. Rinciannya bisa anda lihat di bawah ini.

Peruntukan kebutuhan Pegawai ASN untuk Pemerintah Pusat alokasinya sebanyak 46.425, terdapat alokasi untuk sekolah kedinasan sebanyak 5.694 dan juga untuk PPPK yang diisi dari eks Honorer K2 dan Honorer sebanyak 23.212, sementara sisanya diisi oleh pelamar umum. Sedangkan alokasi untuk Pemerintah Daerah sebanyak 207.748, lebih dari 145 ribu diantaranya diperuntukkan untuk diisi oleh para honorer dan sisanya untuk diisi oleh pelamar umum.

Pengumuman Kebutuhan Alokasi CPNS 2019 Secara Nasional

CPNS 2019

Menteri PANRB telah menetapkan Keputusan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara Tahun Anggaran 2019. Keputusan Menteri PANRB tersebut secara bertahap dalam rangka memenuhi kebutuhan ASN guna mewujudkan penyelenggaraan Pemerintahan yang efektif dan efisien. Khusus untuk Pemerintah Daerah, usulan kebutuhan ASN tahun 2019 harus memperhatikan ketersediaan anggara dalam APBD dengan prinsip zero growth, kecuali untuk pemenusan ASN di bidang pelayanan dasar. Sementara itu, usulan untuk jabatan pelaksana harus berpedoman pada Peraturan Menteri PANRB Nomor 41 Tahun 2018 tentang Nomenklatur Jabatan Pelaksana, dan untuk jabatan fungsional diprioritaskan pada jenjang ahli pertama, terampil, serta masih dimungkinkan untuk jejang pemula.

Baca juga : Lowongan Kerja Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama

Usulan kebutuhan CPNS 2019 tiap instansi baik pusat dan daerah disampaikan melalui aplikasi E-Formasi, usulan tersebut harus kepada disampaikan paling lambat minggu ke-2 bulan Juni 2019. Apabilan usulan tersebut tidak disampaikan dan telah melewati batas yang ditetapkan maka Kementerian/Lembaga atau Pemda terebut dinyatakan tidak melaksanakan Pengadaan ASN tahun 2019.

Kapan Tes CPNS 2019 digelar? BKN menghimbau kepada teman-teman untuk tetap sabar untuk menunggu pengumuman resmi tentang kapan, bagaimana, siapa saja, dsb mengenai pendaftaran CPNS 2019 tersebut. Kompaskerja.com siap untuk mengabarkannya kepada anda.