Lowongan CPNS Kementerian Perdagangan Tahun Anggaran 2019 [222 Formasi]

Posted on

KOMPASKERJA.com – Lowongan CPNS Kementerian Perdagangan Tahun Anggaran 2019 dengan jumlah formasi sebanyak 222 jadi pilihan tepat jika anda ingin bergabung menjadi ASN dan mengabdikan diri pada bangsa untuk membangun dunia perdagangan di Indonesia. Sebagai salah satu instansi yang memiliki peran vital dalam perekonomian negara, tentu saja kualifikasi Pegawai Negeri Sipil yang akan direkrut juga cukup tinggi.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 447 Tahun 2019 tanggal 27 September tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Perdagangan Tahun Anggaran 2019, Kementerian Perdagangan membuka kesempatan kepada Warga Negara Republik Indonesia yang berminat dan yang memenuhi syarat untuk mengikuti proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Kementerian Perdagangan.

Informasi lengkap pengumuman penerimaan CPNS Kementerian Perdagangan 2019 dapat anda baca di bawah ini.

PERSYARATAN PELAMAR

1. Persyaratan Umum :

  • Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945, serta memiliki Integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • Usia pada saat melamar minimal 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun 0 bulan 0 hari pada saat melamar;
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon Anggota/Anggota TNI/POLRI;
  • Tidak berkedudukan sebagai Anggota atau Pengurus Partai Politik atau terlibat politik praktis;
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat, tidak dan atau atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta (termasuk BUMN/BUMD);
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan Putusan Pengadilan telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap;
  • Sehat jasmani, rohani, dan jiwa/mental sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar (dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat jasmani, rohani, dan jiwa/mental dari Rumah Sakit Pemerintah yang masih berlaku dan wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir);
  • Tidak mengkonsumsi dan memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah yang masih berlaku dan wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir);
  • Memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan;
  • Bersedia mengabdi pada instansi yang dilamar dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun paling singkat selama 10 (sepuluh) tahun sejak TMT PNS;
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah (dibuktikan dengan surat pernyataan).

2. Persyaratan Khusus :

a. Pelamar Untuk Kebutuhan (Formasi) Umum :

  1. Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri, dengan kriteria Perguruan Tinggi dan/atau Program Studi yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jika akreditasi tidak tertulis di dalam ijazah/transkrip nilai maka dibuktikan dengan keterangan akreditasi yang serendah-rendahnya ditandatangani oleh Pembantu Dekan Bidang Akademik atau Pejabat lainnya yang dipersamakan, atau sertifikat akreditasi yang dikeluarkan oleh BAN PT/Pusdiknakes/LAM-PTKes, atau cetakan tangkapan layar (screen capture) direktori hasil akreditasi dari website BAN PT dan wajib dilampirkan pada saat melamar.
  2. Bagi lulusan Perguruan Tinggi di Luar Negeri, ijazah harus mendapat penyetaraan ijazah dan pengesahan dari Kementerian yang bertanggung jawab pada Pendidikan Tinggi disertai dengan konversi IPK skala 4.
  3. 3) Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal mengikuti ketentuan berikut :
    a) Jenjang Strata 2 (S-2) memiliki IPK ≥ 2,75;
    b) Jenjang Strata 1 (S-1) memiliki IPK ≥ 2,75;
    c) Jenjang Diploma III (D-III) memiliki IPK ≥ 2,75.
  4. Pelamar tidak buta warna baik parsial maupun total, tidak cacat fisik maupun cacat mental (sehat jasmani dan rohani).
  5. Bagi pelamar yang melamar pada jabatan Dokter harus mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR) bukan internship yang sesuai dengan jabatan yang dilamar (linier) yang masih berlaku pada saat pendaftaran dibuktikan dengan tanggal masa berlaku yang tertulis pada STR. Apabila STR masih dalam proses perpanjangan, maka harus mencantumkan STR sebelumnya dan bukti proses/usul perpanjangan.

b. Pelamar Untuk Kebutuhan (Formasi) Lulusan Terbaik Berpredikat “Dengan Pujian” (Cumlaude) :

  1. Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri dengan predikat “dengan pujian” (cumlaude) dibuktikan dengan ijazah atau transkrip nilai yang berasal dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dengan Program Studi
    terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan dengan melampirkan sertifikat dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Jika akreditasi tidak tertulis di dalam ijazah/transkrip nilai maka dibuktikan
    dengan keterangan akreditasi yang serendah-rendahnya ditandatangani oleh Pembantu Dekan Bidang Akademik atau Pejabat lainnya yang dipersamakan, atau sertifikat akreditasi yang dikeluarkan oleh BAN
    PT/Pusdiknakes/LAM-PTKes, atau cetakan tangkapan layar (screen capture) direktori hasil akreditasi dari website BAN PT dan wajib dilampirkan pada saat melamar.
  2. Bagi lulusan Perguruan Tinggi dari Luar Negeri, ijazah harus mendapat penyetaraan ijazah, pengesahan dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan predikat “dengan pujian” (cumlaude)
    dari dari Kementerian yang bertanggung jawab pada Pendidikan Tinggi disertai dengan konversi IPK skala 4.
  3. Pelamar tidak buta warna baik parsial maupun total, tidak cacat fisik maupun cacat mental (sehat jasmani dan rohani).

c. Pelamar Untuk Kebutuhan (Formasi) Penyandang Disabilitas :

  1. Dikhusus bagi pelamar penyandang disabilitas meliputi amputasi salah satu tangan atau kaki (mampu berjalan menggunakan alat bantu selain kursi roda), lumpuh kaki karena polio yang mampu berjalan menggunakan alat
    bantu selain kursi roda (fasilitas belum memungkinkan), dan orang kerdil bukan disabilitas intelektual, mental, dan/atau sensorik, dengan ketentuan mampu melihat, mendengar, berbicara dengan baik, menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi (Dibuktikan dengan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan derajat disabilitasnya level 1/disabilitas ringan).
  2. Lulus Perguruan Tinggi Dalam Negeri, dengan kriteria Perguruan Tinggi dan/atau Program Studi yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Jika akreditasi tidak tertulis di dalam ijazah/transkrip nilai maka dibuktikan dengan keterangan akreditasi yang serendah-rendahnya ditandatangani oleh Pembantu Dekan Bidang Akademik atau Pejabat lainnya yang dipersamakan, atau sertifikat akreditasi yang dikeluarkan oleh BAN PT/Pusdiknakes/LAM-PTKes, atau cetakan tangkapan layar (screen capture) direktori hasil akreditasi dari website BAN PT dan wajib dilampirkan pada saat melamar.
  3. Bagi lulusan Perguruan Tinggi di Luar Negeri, ijazah harus mendapat penyetaraan ijazah dan pengesahan dari Kementerian yang bertanggung jawab pada Pendidikan Tinggi disertai dengan konversi IPK skala 4.
  4. Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal mengikuti ketentuan berikut :
    a) Jenjang Strata 2 (S-2) memiliki IPK ≥ 2,75;
    b) Jenjang Strata 1 (S-1) memiliki IPK ≥ 2,75;
    c) Jenjang Diploma III (D-III) memiliki IPK ≥ 2,75;
  5. Bersedia untuk diverifikasi dalam memastikan tingkat/jenis disabilitas yang disandang.

d. Pelamar Untuk Kebutuhan (Formasi) Putra/Putri Papua dan Papua Barat

  1. Pelamar harus merupakan keturunan Papua/Papua Barat berdasarkan garis keturunan orang tua (Bapak atau Ibu) asli Papua, dibuktikan dengan akta kelahiran dan/atau surat keterangan lahir yang bersangkutan, KTP orang tua (Bapak atau Ibu) dan diperkuat dengan surat keterangan hubungan keluarga/Akta Keluarga dari Kepala Desa/Kepala Suku.
  2. Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri, dengan kriteria Perguruan Tinggi dan/atau Program Studi yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), jika akreditasi tidak tertulis di dalam ijazah/transkrip nilai maka dibuktikan dengan keterangan akreditasi yang serendah-rendahnya ditandatangani oleh Pembantu Dekan Bidang Akademik atau Pejabat lainnya yang dipersamakan, atau sertifikat akreditasi yang dikeluarkan oleh BAN PT/Pusdiknakes/LAM-PTKes, atau cetakan tangkapan layar (screen capture) direktori hasil akreditasi dari website BAN PT dan wajib dilampirkan pada saat melamar.
  3. Bagi lulusan Perguruan Tinggi di Luar Negeri, ijazah harus mendapat penyetaraan ijazah dan pengesahan dari Kementerian yang bertanggung jawab pada Pendidikan Tinggi disertai dengan konversi IPK skala 4.
  4. 4) Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal mengikuti ketentuan berikut :
    a) Jenjang Strata 2 (S-2) memiliki IPK ≥ 2,75;
    b) Jenjang Strata 1 (S-1) memiliki IPK ≥ 2,75;
    c) Jenjang Diploma III (D-III) memiliki IPK ≥ 2,75.
  5. Pelamar tidak buta warna baik parsial maupun total, tidak cacat fisik maupun
    cacat mental (sehat jasmani dan rohani).

3. Persyaratan bagi pelamar P1/TL (peserta Seleksi Penerimaan CPNS Tahun 2018 yang memenuhi nilai ambang batas/passing grade dan tidal lulus SKB Tahun 2018) dapat mendaftarkan diri dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Memenuhi Persyaratan Umum;
  • Memenuhi Persyaratan Khusus;
  • Memenuhi status P1/TL (status dapat dicheck di portal nasional https://sscasn.bkn.go.id);
  • Mendaftar pada Formasi Jabatan yang tersedia di Kementerian Perdagangan;
  • Menggunakan kualifikasi Pendidikan yang sama pada saat melamar sebagai CPNS Tahun 2018;
  • Wajib mendaftar di portal nasional https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK yang sama dengan yang digunakan saat pendaftaran seleksi CPNS tahun 2018, dengan mengunggah dokumen pendaftaran seperti yang dipersyaratkan;

4. Pelamar untuk Formasi Jabatan Ahli Pertama Pengawas Kemetrologian dan Jabatan Pengawas Barang Beredar dan Jasa diutamakan pria / laki-laki

5. Pelamar untuk Formasi Jabatan Analis Kerjasama dan Jabatan Analis Perdagangan diutamakan menguasai bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.

Selanjutnya tata cara pendaftaran dan informasi penting lainnya sebagai berikut.

Lampiran I : Contoh Format Surat Lamaran

Lampiran II : Surat Peryataan

Lampiran III : Alokasi Formasi Rekrutmen CPNS Kementerian Perdagangan Tahun 2019 (jumlah, kualifikasi pendidikan dan penempatan)

Teman-teman yang mau mendaftar di Kemendag harap baca dengan teliti rincian formasi CPNS Kementerian Perdagangan 2019 di atas agar tidak salah pilih formasi. Dan jika ingin update terbaru pengumuman seputar rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil di instansi ini silahkan pantau di laman http://rekrutmen.kemendag.go.id/cpns.