Lowongan CPNS Kementerian Riset dan Teknologi Tahun 2019

Posted on

KOMPASKERJA.com – Lowongan CPNS Kementerian Riset dan Teknologi Tahun 2019 menjadi salah satu peluang yang kelulusannya besar karena pendaftarnya tergolong kecil. Formasi CPNS Kemenristek tahun ini hanya 11 dan dapat dilamar oleh pendaftar umum, disabilitas, cumlaude serta putra putri Papua dan Papua Barat. Dalam rilis resmi BKN pada 24/11/2019, tercatat hanya 43 orang yang mendaftar setidaknya hingga pukul 15:43 WIB.

Namun sebelum mendaftar atau memilih satu formasi di instansi ini, anda perlu mengetahui dulu tentang Kementerian Riset dan Teknologi. Tugas instansi ini adalah menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang riset, teknologi, dan pendidikan tinggi untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Kemenristekdikti berkantor pusat di Jalan MH Thamrin 8, Jakarta Pusat. Untuk lokasi tes CPNS kemungkinan besar hanya diselenggarakan di Jakarta.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 868 Tahun 2019 tanggal 13 November 2019 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 460 Tahun 2019 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun Anggaran 2019, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Dan lnovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang berintegritas dan berdedikasi tinggi untuk diangkat menjadi Galon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemenristek/BRIN, dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut:

Berikut ini daftar formasi CPNS Kementerian Riset dan Teknologi 2019 selengkapnya beserta informasi persyaratan umum dan khusus serta tata cara pendaftaran.

PERSYARATAN UMUM

  1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa setia dan taat kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  2. Sehat Jasmani dan Rohani sesuai denga persyaratan jabatan yang dilamar
  3. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya
  4. Berkelakuan baik
  5. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap karena melakukan suatu tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih
  6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)/Anggota Polri atau TNI
  7. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik atau terlibat politik praktis
  8. Tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, Anggota Polri, Prajurit TNI dan siswa/mahasiswa sekolah ikatan dinas
  9. Berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat pelamaran
  10. Pelamar yang saat ini sedang dalam proses/mengikuti program beasiswa, apabila lulus seleksi dan telah ditetapkan sebagai CPNS dapat melanjutkan program beasiswanya setelah berstatus PNS
  11. Tidak sedang menjalani ikatan dinas/wajib kerja dengan institusi/lembaga/ perusahaan
  12. Tidak terafiliasi pada ideologi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila

Pelamar dimohon untuk mewaspadai tawaran / janji dari oknum tertentu yang mengatasnamakan Kemenristek/BRIN yang menjanjikan dapat membantu untuk diangkat menjadi CPNS serta dimohon untuk melaporkan hal tersebut kepada Panitia Seleksi.
SELURUH TAHAPAN SELEKSI TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN.

Pendaftaran dimulai tanggal 21 November 2019 dengan mengisi data sesuai data kependudukan yang tertera pada KTP dan/atau KK. Registrasi online ditutup pada tanggal 5 Desember 2019. Tata cara pendaftaran secara online mengikuti petunjuk sebagaimana tercantum pada laman https://sscasn.bkn.go.id. Informasi terbaru seputar rekrutmen CPNS Kemenristek dapat anda pantau melalui laman https://casn.ristekdikti.go.id/.