Lowongan Kerja Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Terbaru Bulan Agustus 2020

Posted on

KOMPASKERJA.com – Lowongan Kerja Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Terbaru Bulan Agustus 2020. Sebagai salah satu lembaga negara yang memiliki peran penting dalam pemberantasan korupsi, tentu banyak orang yang tertarik untuk berkarir di lembaga ini. Apakah anda memenuhi kualifikasi yang dicari oleh KPK?

Sekilas tentang Komisi Pemberantasan Korupsi, KPK dibentuk bukan untuk mengambil alih tugas pemberantasan korupsi dari lembaga-lembaga yang ada sebelumnya. Penjelasan undang-undang menyebutkan peran KPK sebagai /trigger mechanism/, yang berarti mendorong atau sebagai stimulus agar upaya pemberantasan korupsi oleh lembaga-lembaga yang telah ada sebelumnya menjadi lebih efektif dan efisien. Sebelum melamar di sini penting untuk megetahui tugas KPK yaitu : koordinasi dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi (TPK); supervisi terhadap instansi yang berwenang melakukan pemberantasan TPK; melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap TPK; melakukan tindakan-tindakan pencegahan TPK; dan melakukan monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara.

Lowongan Kerja Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Terbaru Bulan Agustus 2020

Informasi Lowongan Kerja Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Terbaru Bulan Agustus 2020

Berikut informasi rekrutmen terbaru Komisi Pemberantasan Korupsi yang saat ini sedang dibuka, apakah and ang dicai oleh KPK?

Indonesia Memanggil Spesialis Humas Utama – Juru Bicara

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali membuka program rekrutmen “Indonesia Memanggil” (IM) untuk mencari calon Spesialis Humas Utama – Juru Bicara KPK. Dalam seleksi ini, KPK membuka kesempatan pada WNI yang berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) ataupun non-ASN yang memiliki kepakaran, integritas dan komitmen tinggi dalam mendukung pemberantasan korupsi. “Posisi ini memang membutuhkan calon yang
benar-benar kompeten untuk menyampaikan informasi tentang pelaksanaan tugas dan kewenangan KPK untuk mendukung pelaksanaan tugas KPK. Posisi Juru Bicara KPK sangat berarti bagi pelaksanaan tugas-tugas KPK sehari-hari dan juga penting untuk keberlanjutan KPK secara organisasi. Karenanya, kami mengajak putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung karena kontribusi kita semua sangat dibutuhkan bangsa ini dalam upaya pemberantasan korupsi.

Persyaratan Umum :

  • Warga Negara Indonesia (dibuktikan dengan KTP atau Paspor RI).
  • Usia paling tinggi 56 (lima puluh enam) tahun pada batas akhir tanggal pendaftaran.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah sarjana atau diploma IV, diutamakan jurusan Ilmu Komunikasi/Jurnalistik/Hubungan Masyarakat/Ilmu Hukum.
  • Memiliki Kompetensi Teknis dan Perilaku sesuai standar kompetensi Jabatan yang ditetapkan sesuai peraturan yang berlaku di KPK.
  • Memiliki rekam jejak Jabatan, integritas, dan moralitas yang baik.
  • Sehat jasmani dan rohani yang akan dibuktikan dengan pemeriksaan kesehatan oleh Tim yang ditunjuk oleh KPK.
  • Tidak terikat hubungan keluarga baik sedarah maupun semenda sampai dengan derajat ke-3 dengan Pimpinan/Pegawai KPK (sesuai KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA)
  • Tidak terikat hubungan keluarga baik sedarah maupun semenda sampai dengan derajat ke-3 dengan tersangka/terdakwa/terpidana Tindak Pidana Korupsi (sesuai KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA)
  • Tidak pernah terlibat masalah narkoba, pidana dan keuangan dan dihukum karena melakukan kejahatan dengan keputusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.
  • Telah melaporkan harta kekayaan (LHKPN) sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku khusus bagi Penyelenggaran Negara.
  • Apabila diterima dalam jabatan, bersedia untuk tidak menjabat sebagai Komisaris atau direksi suatu perseroan, organisasi yayasan, pengawas atau pengurus koperasi dan jabatan profesi lainnya yang
    berhubungan dengan jabatan tersebut, serta anggota maupun simpatisan aktif partai politik.
  • Apabila diterima dalam jabatan, bersedia untuk tidak melakukan kegiatan usaha yang menimbulkan benturan kepentingan seperti kegiatan jual beli, konsultasi/jasa dan lain sebagainya.
  • Dapat berkomunikasi aktif dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  • Tidak menjadi pengurus partai politik dalam 5 tahun terakhir (dibuktikan dengan Surat Pernyataan tidak memiliki afiliasi dan atau menjadi anggota partai politik dan tidak pernah menjadi calon legislatif dari partai politik).

TATA CARA LAMARAN

1. Pelamar hanya dapat melamar melalui situs web https://ppm-rekrutmen.com/kpk dengan
mengikuti petunjuk pendaftaran. Tidak ada jalur lain yang digunakan untuk pengiriman lamaran.

2. Pelamar wajib memiliki alamat e-mail pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi ini. Tidak ada layanan untuk perubahan/ koreksi alamat e-mail dan nomor telepon seluler
yang telah diinput oleh pelamar.

3. Pelamar dilarang menggunakan alamat e-mail milik orang lain dalam proses pendaftaran.

4. Untuk memudahkan registrasi /online/, persiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen ini. Data dan /soft file/ (dengan format JPG, masing-masing file/ dokumen berukuran maksimum 500kb, kecuali dokumen Penilaian Prestasi Kerja PNS dua tahun terakhir maksimum 1Mb), dari dokumen tersebut diperlukan untuk melengkapi form registrasi unggah dokumen sebagai berikut.

Bagi pelamar yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) atau TNI/POLRI :

  • E-KTP/Surat Keterangan Perekaman E-KTP Asli (Wajib)
  • Ijazah Asli/Surat Keterangan Lulus Asli yang akan digunakan untuk melamar (Wajib)
  • Surat pernyataan tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi anggota partai politik dan tidak pernah menjadi calon legislatif dari partai politik yang ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,- (Wajib) *
  • Surat persetujuan/rekomendasi dari PPK/PyB yang ditandatangi di atas meterai Rp 6.000,- (Wajib) *
  • Surat Keterangan tidak sedang/dijatuhi hukuman disiplin berdasarkan PP Nomor 53 Tahun 2010 yang ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,- (Wajib) *
  • SK Pangkat terakhir (Wajib)
  • Penilaian Prestasi Kerja PNS dua tahun terakhir (Wajib)

Bagi pelamar yang berasal dari Non ASN (masyarakat umum) :

  • E-KTP/Surat Keterangan Perekaman E-KTP Asli (Wajib)
  • Ijazah Asli/Surat Keterangan Lulus Asli yang akan digunakan untuk melamar (Wajib)
  • Surat pernyataan tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi anggota partai politik dan tidak pernah menjadi calon legislatif dari partai politik yang ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,- (Wajib) *

Keterangan * : Pelamar dapat mengunduh format surat setelah registrasi online dan berhasil login.

5. Pelamar diwajibkan menyiapkan *soft file pas foto terbaru* (maksimum 3 bulan terakhir), format JPG dengan ukuran file maksimum 100kb.

Catatan Penting !

– Registrasi Online : 8 Agustus – 21 Agustus 2020 Pk. 23:59 WIB

– Perhatian! Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak memungut biaya apapun selama proses seleksi.

Demikian informasi ini kami ambil dari sumber resmi, silahkan manfaatkan untuk kepentingan melamar kerja di KPK.