Pendaftaran CPNS 2017 Resmi Dibuka Untuk Lulusan SLTA dan S1

Posted on

KOMPASKERJA.com- Setiap dibukanya penerimaan CPNS di persyaratan pasti tertulis harus memiliki pendidikan terakhir minimal s1 atau kadang juga ada minimal D3, hal ini membuat banyak pengangguran yang hanya memiliki ijazah SMA merasa tidak lagi memiliki kesempatan untuk menjadi seorang PNS. Namun dibukanya penerimaan aparatu sipil negara baru tahun ini seolah menjadi penolong bagi anda yang hanya memiliki ijazah SMA/sederajat. perlu anda ketahui bahwa penerimaan ini juga disediakan untuk lulusan s1.

Pemerintah mengundang putra-putri terbaik untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) guna mengisi jabatan terkait penegakan hukum di Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Jabatan ini menjadi prioritas mengingat adanya peningkatan beban kerja di kedua instansi tersebut, dan banyaknya PNS yang memasuki batas usia pensiun.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan, formasi CPNS 2017 untuk kedua instansi tersebut sebanyak 19.210 orang, terdiri dari 1.684 CPNS untuk Mahkamah Agung (MA) dan 17.962 kursi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM.

cpns-2017

“Jumlah tersebut termasuk untuk mengakomodir putra/putri lulusan terbaik (cumlaude) dan putra/putri Papua dan Papua Barat. Untuk lulusan cumlaude kuotanya sebanyak 468 orang, sedangkan putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 301 orang,” jelas Asman pada konperensi pers di kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Selasa (11/7) siang.

Menurut Menteri PANRB, formasi untuk MA sejumlah 1.684 calon hakim pada peradilan umum, peradilan agama dan peradilan tata usaha negara. Untuk posisi calon hakim ini, kualifikasi hanya untuk sarjana hukum, sarjana syariah dan sarjana hukum Islam.

Sedangkan formasi CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM meliputi 21 jabatan, mulai dari Penjaga Pembaga Pemasayarakatan (Lapas) hingga analis Keimigrasian. “Kuota untuk penjaga Lapas mencapai empatbelas ribu, dengan kualifikasi lulusan SLTA sederajat yang menguasai komputer,” ujar Asman.

Dari kuota CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 17.962 kursi, 14.000 diantaranya untuk jabatan penjaga Lapas atau sipir, dan 2.278 analis keimigrasian. Untuk analis keimigrasian ini, dibutuhkan sarjana dari berbagai jurusan, antara lain Hukum, Sosial Politik, Ekonomi, Akuntansi, Komunikasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Bahasa Asing.

Hal ini seolah menjadi hadiah spesial buat anda yang pendidikan terakhirnya hanya sampai SMA/sederajat, sangat sulit mendapatkan pekerjaan jika hanya memiliki ijaza SMA/sederajat namun kali sengaja dibuka penerimaan CPNS untuk  SMA/sederajat, meski tidak semua kementrian membuka pendaftaran namun hal ini patut untk anda sykuri. Update info loker di KOMPASKERJA.com