Tips Mudah Lolos Kartu Prakerja Dapat Insentif Rp 600.000 Per Bulan

Posted on

KOMPASKERJA.com – Tips Mudah Lolos Kartu Prakerja Dapat Insentif Rp 600.000 Per Bulan . Ini mungkin bagi sebagian orang sangat mudah untuk dilewati seleksinya, namun tidak bagi banyak orang yang merasa gagal dalam mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja pada gelombang sebelumnya. Pada dasarnya untuk dapat mengikuti program Prakerja tidak dibutuhkan persyaratan yang menyulitkan. Yang paling penting adalah anda memiliki kemauan dan tentu saja persyaratan yang telah disampaikan panitian rekrutmen juga harus terpenuhi, tapi itu mudah saja dipenuhi.

Mari kita lihat terlebih dahulu apa itu Prakerja? Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Didesain sebagai sebuah produk, program ini dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta. Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih, dan memberi evaluasi. Karena hanya dengan cara ini, produk bisa terus diperbaiki, tumbuh, dan relevan. Menggandeng pelaku usaha swasta, program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat. Gotong royong. Demi SDM Unggul, Indonesia Maju.

Tips Mudah Lolos Kartu Prakerja Dapat Insentif Rp 600.000 Per Bulan

Pada poin di atas sudah jelas Prakerja dtujukan untuk masyarakat yang mau memiliki atau meningkatkan keterampilan. Lalu untuk siapa Kartu Prakerja ini? Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga buruh, karyawan dan pegawai. Pendeknya, semua warga bangsa yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar. Namun prioritas diberikan pada pencari kerja usia muda karena langkah pertama di dunia kerja akan membawa pada langkah-langkah selanjutnya yang lebih gemilang di masa depan. Merespon dampak COVID-19, untuk sementara waktu, Kartu Prakerja akan diprioritaskan bagi pekerja maupun pelaku usaha mikro/kecil yang terdampak penghidupannya.

Nah pada poin kedua ini yang krusial, jika anda saat ini posisinya sebagai pencari kerja usia muda maka mungkin akan sangat mudah untuk lolos. Atau anda adalah pekerja atau pelaku usaha mikro/kecil yang terdampak COVID-19 maka anda puna kan masuk prioritas. Jadi sangat mudah untuk lolos program ini, cukup posisi diri anda kedalam dua kelompok yaitu penganggusan usia muda dan orang yang usahanya terdampak Covid-19. Namun tentu saja ada konsekuensi jika anda memberikan data palsu atau berbohong. Anda tak perlu melakukan itu karena jika anda memang mebutuhkan program ini maka anda kemungkinan anda juga akan diloloskan. Namun kembali lagi prioritas akan diberikan kepada dua kelompok di atas jika kita membaca pada informasi yang ada di situs resmi Kartu Prakerja.

Bagi anda yang telah dinyatakan lolos maka anda akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan online yang biayanya ditanggung Pemerintah. Kemudian anda pun berhak mendapatkan insentif sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan berturut-turut jika and aberhasil menyelesaikan satu pelatihan dan telah mendapatkan sertifikat pelatihan tersebut.